Detail Berita

Jemput Bola Administrasi Kependudukan (JEBOL ANDUK)

Pada dasarnya Sistem Administrasi Kependudukan merupakan bagian dari Sistem Administrasi Negara yang mempunyai peranan sentral dalam pemerintahan untuk mengelola data kependudukan. Setiap orang berhak mendapat pelayanan Administrasi Kependudukan dengan baik dan mudah.  Kependudukan merupakan basis utama dan fokus dari segala persoalan pembangunan. Hampir semua kegiatan pembangunan baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor terarah dan terkait dengan penduduk, atau dengan kata lain penduduk harus menjadi subjek sekaligus objek pembangunan.

Kualitas penduduk yang baik akan melahirkan sumber daya manusia yang baik pula. Jumlah penduduk yang besar tetap akan menambah beban ekonomi dan pembangunan bila tidak diberdayakan secara baik. Sebagaimana diketahui bahwa kinerja pelayanan masyarakat di bidang Administrasi Kependudukan terutama pelayanan yang menyentuh masyarakat banyak seperti KTP, KK, Akta Catatan Sipil, dll sampai dengan saat ini masih dianggap jauh dari harapan masyarakat.

Visi utama Pemerintah adalah tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui pemberian pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun pelayanan yang dinikmati masyarakat secara tidak langsung. Namun demikian citra pelayanan dirasa masih belum mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Masih kurangnya kinerja pelayanan tersebut dampaknya sangat besar, terutama terhadap bidang sosial dan ekonomi. Masyarakat pada era reformasi saat ini semakin kritis dan semakin menyadari hak-haknya untuk memperoleh pelayanan yang baik, sedangkan Pemerintah diwajibkan untuk memenuhi harapan masyarakat tersebut.

Searah dengan visi misi dan program kerja kepala daerah yang tercantum dalam Visi “ MADEP MANTEB MANETEP “, Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang mendukung Misi “ Memperluas Inovasi dan reformasi Birokrasi Demi Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Akuntabel dan Demokratis Berbasis Teknologi Informasi  “.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang mempunyai tugas memberikan layanan administrasi dokumen kependudukan guna mewujudkan tertib administrasi, diharapkan mampu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terwujudnya kepuasan masyarakat demi terciptanya pelayanan prima. Dalam hal ini diperlukan sebuah inovasi guna memberikan kemudahan  layanan kepada masyarakat agar tercapainya tertib administrasi.

               Wilayah Kabupaten Malang yang luas ± 3.534.86km², dengan jumlah penduduk  ± 2.935.138 (data tahun 2019) jiwa yang tersebar di 33 kecamatan, 396 desa dan 12 kelurahan memiliki karakter masyarakat yang majemuk menjadi hambatan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Malang untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan. Salah satunya jarak tempuh serta biaya transportasi yang tinggi untuk datang kekantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hal ini menyebabkan rasa enggan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan.

Kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan. Melihat fenomena tersebut kami sebagai dinas yang mempunyai tugas utama dalam pelayanan publik, ingin memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan meningkatkan pelayanan dokumen administrasi kependudukan guna tercapainya pelayanan prima.

Rendahnya tingkat kesadaran mengurus dan meliliki dokumen kependudukannya, telah mengakibatkan beberapa program kebijakan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang belum bisa berjalan optimal, hal ini dapat dilihat dari pencapaian target kinerja pada masing-masing dokumen kependudukan yang belum mampu memenuhi target pelayanan. Tentunya hal ini berdampak pada menurunnya performance pelayanan administrasi kepedudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dan menurunnya penilaian kinerja organisasi. 

Dengan mengamati kondisi tersebut, guna memberikan alternatif solusi dalam meminimalisir pengaruh dari faktor-faktor penghambat dalam pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat Kabupaten Malang, pada tahun 2016, dengan diprakarsai oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang lahir sebuah inovasi yang diberi nama : “JEBOL  ANDUK (Jemput Bola Administrasi Kependudukan )”.  

Program pelayanan JEBOL ANDUK diharapkan mampu memberikan perubahan terhadap mainset masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan.  Perubahan pola pikir masyarakat dari paradigma akan sulitnya proses mendapatkan serta pentingnya akan kepemilikan dokumen kependudukan dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Mengoptimalkan jaringan teknologi informasi (TI) dalam upaya peningkatan pelayanan.
  2. Melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan bertujuan memberikan pemahaman tentang syarat-syarat yang benar dan harus di lampirkan  saat mengurus dokumen kependudukan.
  3. Mengoptimalkan petugas operator SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dalam tugas pokok dan fungsinya guna memberikan kemudahan pelayanan dokumen kependudukan.

Dalam rangka menjaga konsistensi dan keberlanjutan program inovasi, maka program layanan tersebut terus disosialisasikan kepada masyarakat. Inovasi tersebut juga disampaikan kepada lintas sektor baik di tingkat kecamatan dan tingkat desa/kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Kegiatan sosialisasi secara berkala kepada masyarakat baik melalui perangkat desa maupun melalui media elektronik (siaran radio pemerintah daerah).  Pemerintah Daerah Kabupaten Malang memberikan apresiasi terhadap gagasan tersebut dengan disetujuinya kegiatan tersebut menjadi agenda kegiatan rutin Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Target utama dari program ini adalah masyarakat Kabupaten Malang bisa mendapatkan semua dokumen kependudukan dengan cara yang mudah, waktu yang cepat dan biaya yang murah. Masyarakat tidak perlu lagi meluangkan banyak waktu, tenaga dan biaya transportasi untuk datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna mengurus dokumen kependudukannya. Peran serta petugas dan komitmen dari segenap pimpinan sangat menentukan kesuksesan program.

Adapun strategi yang dilakukan dalam program JEBOL ANDUK adalah, petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan kegiatan diwilayah Kabupaten Malang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan pelayanan penerbitan dokumen administrasi kependudukan meliputi :

    1. Sosialisasi kebijakan kependudukan
    2. Pelayanan Kartu Keluarga
    3. Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el)
    4. Pelayanan Akta Kelahiran
    5. Pelayanan Akta Kematian

Kegiatan Jebol Anduk memberikan dampak pada kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan lebih awal  yang bertujuan agar masyarakat tertib administrasi kependudukan.

Dengan kegiatan ini  masyarakat akan  mendapatkan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan. Dengan demikian  akan terjadi perubahan pola pikir yang semula mengakses pelayanan dokumen kependudukan hanya saat dibutuhkan untuk hal lain.

Berita Lain