Detail Berita

Kependudukan dan Kesehatan Mari Bareng (KETAN IRENG)

Dokumen administrasi kependudukan merupakan hak dasar bagi setiap warga negara untuk mendapatkan kepastian hukum atas status pribadi. Dalam memberikan sebuah pelayanan haruslah mengedepankan kepuasan masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang sebagai organisasi perangkat daerah yang mempunyai tugas memberikan pelayanan penerbitan dokumen administrasi kependudukan yang bersentuhan langsung terhadap masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang membuat sebuah inovasi guna memberikan pelayanan penerbitan dokumen administrasi kependudukan yang dinamai “KETAN IRENG (Kependudukan dan Kesehatan Mari Bareng).

Program ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Malang untuk mendapatkan dokumen administrasi kependudukannya, mensinergikan pelayanan kesehatan dengan pelayanan administrasi kependudukan guna meningkatkan performance pelayanan publik pada Rumah Sakit dan Dinkes sebagai wujud  pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk kemudahan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah dan Dinas Kesehatan di Kabupaten Malang.

Dengan program KETAN IRENG dimana permohonan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan perubahan KK dapat dilayani pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Dinas Kesehatan di Kabupaten Malang, dimana bayi yang lahir akan langsung mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Akta  Kelahiran dan proses perubahan penambahan anggota keluarga pada KK dapat langsung dilaksanakan. Begitu juga dengan proses kematian yang terjadi di RSUD dan Puskesmas.

Diharapkan dengan adanya kemudahan dari program Ketan Ireng tertib administrasi diwilayah Kabupaten Malang dan kemudahan pelayanan kesehatan, kesejahteraan bagi masyarakat serta mampu mendukung kebijakan “ Kabupaten Layak Anak”.

               Adaministrasi Kependudukan merupakan rangkaian penataan dan penertiban dokumen kependudukan. Wilayah Kabupaten Malang yang sangat luas terdiri dari 33 Kecamatan, 396 Desa dan 12 Kelurahan memberikan hambatan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Malang khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan. Namun untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat adalah tugas dari pemerintah, dengan adanya program Ketan Ireng masyarakat yang mengalami peristiwa kelahiran maupun kematian di RSUD dan Dinas Kesehatan (puskesmas) tidak perlu lagi datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan proses permohonan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan perubahan Kartu Keluarga (KK)nya, cukup melaporkan pada Rumah Sakit Umum Daerah atau Puskesmas dimana peristiwa terjadi. Kemudahan, efisiensi, kecepatan dan ketepatan pelayanan sangatlah diperlukan bagi warga masyarakat. Dengan pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dan Dinas Kesehatan yang disediakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan serta pelayanan pelaporan penerbitan dokumen kependudukannya.

               Rasa enggan masyarakat untuk melakukan proses kepengurusan dokumen kependudukan kebanyakan karena jarak yang jauh memerlukan biaya transportasi yang tinggi.

Kegiatan Ketan Ireng memberikan dampak kemudahan pelayanan pelaporan kelahiran/kematian dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pelayanan yang bersinergi antara pelayanan kesehatan dan pelayanan kependudukan. Efektifitas dan efisiensi pelayanan guna terciptanya pelayanan prima dapat terwujud. Dampak ini dapat dilihat dan diukur dengan melakukan survei kepuasan masyarakat yang dinilai dengan Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM) pada setiap akhir tahun.

Berita Lain