Detail Berita

100 Hari Program Kerja Bupati, Desaku Tuntas Ditarget Rambah 150 Desa

Malang,Mitratoday.com-Sejak digulirkan 9 Maret 2021 lalu inovasi layanan kependudukan DESAKU TUNTAS mulai menarik minat Pemerintah Desa di Kabupaten Malang.

Jika saat diluncurkan, hanya 48 desa yang mengajukan diri menjadi pelayan inovasi adminduk DESAKU TUNTAS, kini tercatat sudah 3 kecamatan yang diketahui desanya mengajukan diri bisa mengakses layanan DESAKU TUNTAS.

“Kita targetkan hingga dipenghujung program 100 hari kerja pertama Bapak Bupati Malang (HM.Sanusi), sekitar 150 desa bisa bekerjasama untuk menggelar inovasi DESAKU TUNTAS ini, tapi target kami hingga penghujung tahun semua desa bisa melayani adminduk lewat DESAKU TUNTAS,”terang Plt Kadispendukcapil Drs.Sirath Aziz.Msi dihubungi Mitratoday.com selasa (6/4/2021).

Lewat inovasi DESAKU TUNTAS sendiri, saat ini,lanjut Sirath Aziz, sekitar 4 pengajuan sudah bisa diselesaikan di desa seperti cetak KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Surat Pindah. Sedangkan untuk pencetakan KTP dan KIA,lanjut Sirath Aziz, masyarakat bisa mengajukan pencetakan di kantor Kecamatan.

Meski demikian diakui inovasi DESAKU TUNTAS tersebut tidak akan berhasil jika masyarakat tidak mau memanfaatkan kemudahan layanan adminduk tersebut. Makanya,lanjut Sirath Aziz, masyarakat dipersilahkan menikmati berbagai kemudahan layanan Adminduk yang disediakan Dispendukcapil tersebut.

“Seperti pesan Bapak Bupati yang mengingatkan kami bahwa inovasi yang sudah di launching harus bisa memberikan manfaat secara nyata kepada masyarakat. Jika membuat inovasi itu gampang, tapi beliau (Bupati Malang) selalu tekankan harus membuahkan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Malang,”ulas Sirath Aziz.

Sirath Aziz melanjutkan, pola pikir masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan layanan adminduk tersebut menunjukan tren meningkat. Terbukti banyak masyarakat yang sudah mengakses kebutuhan adminduk lewat DESAKU TUNTAS disamping layanan lainnya .

“Inovasi DESAKU TUNTAS ini kan,inovasi puncak artinya sudah sampai Pemerintahan Desa, Alhamdulillah sudah banyak masyarakat desa yang mengakses kebutuhan Adminduk ini. Tidak hanya lewat Inovasi DESAKU TUNTAS, diinovasi lainnya yang kita luncurkan saat ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan. Tercatat setiap hari jumlah pemohon tembus angka sekitar 1.600 pemohon, dan selesai tuntas secara cepat dan gratis cukup hanya lewat inovasi kami tanpa harus datang ke Kantor Dispendukcapil,”papar Sirath Aziz.

https://www.mitratoday.com/100-hari-program-kerja-bupati-desaku-tuntas-ditarget-rambah-150-desa

 

Saat ini kantor Dispendukcapil,kata Sirath Aziz sudah semakin sepi. Tercatat setiap hari paling banyak sekitar 40 pemohon yang datang, itupun untuk mengurus perubahan data kependudukan yang keliru dan sudah tercetak.

Berita Lain