Detail Berita

SIPADUKA (Sistem Pelayanan Adminduk Jalur Khusus Chatting)

SIPADUKA (Sistem Pelayanan Adminduk Jalur Khusus Chatting)

Inovasi SIPADUKA merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dikembangkan guna meminimalisir pelayanan tatap muka dalam masa pademi covid-19. SIPADUKA adalah sistem pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp dimana warga tinggal mengirim syarat dokumen adminduk yang diajukan ke nomor wa yang disediakan. Berkas adminduk yang dikirim berupa foto atau scan setelah itu pemohon mendapatkan nomor atau resi pengambilan, selanjutnya  berkas pengajuan dikirim ke kantor dispenduk capil kab malang melalui PT. Pos Indonesia dan bila berkas telah selesai maka pemohon tinggal mengambil dokumen kependudukan ke Kecamatan setempat.

Berikut alur pelayanan :

  1. Pemohon mendaftarkan pada petugas via aplikasi Chatting dengan cara:
  1. Mengirimkan bukti SWAFOTO dengan KTP EL ybs;
  2. Mengirimkan foto/scan berkas persyaratan.
  1. Petugas Operator Pelayanan:
  1. Memeriksa Swafoto pemohon jika tidak sama dengan KTP-EL diminta pemohon yang mengurusnya sendiri;
  2. Mencatat nomor pendaftaran;
  3. Memberikan resi pendaftaran;
  4. Memeriksa kelengkapan persyaratan;
  5. Berkas Tidak Lengkap, meminta pemohon untuk melengkapi;
  6. Berkas Lengkap, diverifikasi dan diproses;
  7. Petugas mencetak Dokumen Permohonan.
  1. KASI yang membidangi:
  1. Mengkoreksi dan memverifikasi data pemohon.
  2. Mengajukan untuk proses approval dokumen kependudukan kepada Kepala Dinas.
  1. Kepala dinas:

Melakukan approval dokumen kependudukan yang akan diterbitkan

  1. Petugas Pengambilan Online:
  1. Memberi informasi kepada Petugas Operator Pelayanan via aplikasi chatting untuk memberi info kepada pemohon;
  2. Menyerahkan dokumen kependudukan yang telah jadi dan ditukar dengan dokumen pengajuan asli dari pemohon.

Berita Lain